PENGGUNAAN CLUSTERING DALAM ANALISIS POTENTIAL BUYER PROPERTY

ITHB, 2011

PENGGUNAAN CLUSTERING DALAM ANALISIS POTENTIAL BUYER PROPERTY

Christian Hermawan
NIM : 1107011

Pembimbing
Prof. The Houw Liong, Ph.D.
Herastia Maharani, MT.

ABSTRAK

Usaha di bidang properti saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, terbukti dengan banyaknya developer yang membangun banyak proyek, mulai dari town house, apartemen, dll. Untuk menemukan buyer para marketing pada umumnya hanya membagikan selebaran, iklan dimana-mana sehingga kurang efisien dalam tenaga, biaya dan waktu. Marketing membutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu dalam menghemat tenaga, biaya dan waktu.

Data mining merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menangani masalah yang dialami oleh marketing pemasaran property. Dengan menggunakan metode clustering, maka data buyer dan property dapat di-cluster sesuai dengan karakteristiknya. Dari hasil cluster, dapat dianalisis kecocokan antara setiap pasangan cluster buyer dan property. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat aplikasi dengan melakukan clustering terhadap data buyer dan property, kemudian disesuaikan dengan rule pakar property sehingga dapat menentukan potential buyer dan potential property. Dengan demikian diharapkan aktivitas marketing property dapat lebih efisien dari sisi tenaga, biaya dan waktu.

Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem yang dikembangkan, dapat dilihat bahwa sistem dapat memberikan hasil kesimpulan dan penjelasan yang baik dan sesuai dengan data yang dimasukkan oleh pengguna aplikasi. Sistem ini juga telah diuji oleh pakar dari [X]PRO Realty dengan hasil yang baik dan cukup memuaskan.

Kata Kunci : data mining, pembeli berpotensi, properti berpotensi, clustering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s