IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME BOARD GOMOKU DENGAN MENGGUNAKAN ATURAN RENJU

Jurnal Telematika Institut Teknologi Harapan Bangsa, Indonesia,2013

IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME BOARD GOMOKU DENGAN MENGGUNAKAN ATURAN RENJU

 Sherly Gunawan,Prof Dr. The Houw Liong, Elishafina Siswanto 

Departemen Teknik Informatika

Institut Teknologi Harapan Bangsa

Jalan Dipati Ukur no. 83-84

Bandung

 

Abstrak – Permainan Gomoku adalah permainan khas Jepang yang dimainkan diatas papan Go oleh dua orang pemain. Untuk membuat permainan menjadi lebih variatif maka ditambahkan sebuah aturan Renju. Gomoku merupakan permainan dengan perfect information yaitu setiap pemain dapat mengetahui persis bagaimana posisi lawan dan pilihan langkah yang tersedia, berbeda halnya dengan permainan kartu, yang hanya dapat mengetahui kartu yang ada di tangan saja. Pembuatan artificial intelligence pada permainan Gomoku ini akan menggunakan metode Negamax dan Hasil dari tugas akhir  ini adalah aplikasi permainan Gomoku yang dapat dimainkan player melawan computer, juga computer melawan computer. Berdasarkan  hasil pengujian, didapatkan bahwa penggunaan metode  Negamax dan  dapat memberikan solusi pencarian langkah terbaik, namun kecerdasannya dipengaruhi oleh cara penghitungan point.

Kata kunci: Gomoku, intelegensia buatan, Negamax, .

Abstract – Gomoku game is a typical Japanese game that is played on a Go Board played by two people. To make the game more varied then added a rule Renju. Gomoku is a game with perfect information which is every player can know exactly how is their opponent position and available move options, unlike card games, which each player can only know the card on  their hand. Artificial intelligence in this Gomoku game is using building Negamax and αβ-Prunning method. The results of this thesis is the application of Gomoku game that can be played  player against computer, also computer against computer. Based on the test results, it was found that the use of methods αβ-Prunning and Negamax can provide the best solution, but it’s intelligence are affected by point calculation.

Keywords: Gomoku, artificial intelligence, Negamax,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s