Apa Vitamin itu dan Ada Berapa Macam Vitamin?

Vitamin

Anak berTanya, Pakar menJawab

Oleh: Andreanus A. Soemardji (Pakar Farmasi)

Tentu kalian sering mendengar kata vitamin yang dikaitkan dengan obat atau makanan sehat, karena itu kalian ingin tahu tentang vitamin dan macam-macam vitamin ya? Rasa ingin tahu ini sangat baik, perlu dikembangkan terus untuk pengetahuan diri. Terlebih hal yang menyangkut diri atau tubuh sendiri seperti kesehatan. Adakah diantara kalian yang ingin sakit? Tentu tidak ada ya.

Menjawab pertanyaan tentang vitamin, baiklah kita mulai dengan pengertian vitamin, kemudian manfaatnya yang berkaitan dengan kebutuhan tubuh atau kesehatan serta jenis atau macam vitamin dan sumbernya dari makanan.

Vitamin berasal dari dua kata bahasa Latin, vita yang artinya hidup dan amina artinya senyawa organik yang mengandung atom N.  Vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang mempunyai fungsi penting (vital) dalam proses metabolisme setiap organisme hidup termasuk manusia yang tidak dapat diproduksi oleh tubuhnya sendiri. (Dalam perkembangan penemuan jenis-jenis baru vitamin, ternyata ada juga yang tidak mengandung…

View original post 593 more words

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.